Kamis, 25 Februari 2010

Penelitian Tahap Awal Daun Jambu Biji

UJI EFEK PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH EKSTRAK ETANOL DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA LINN) PADA TIKUS PUTIH GALUR WISTAR.


David Arnold Malelak
2443005109



Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efek penurunan kadar glukosa darah ekstrak etanol daun jambu biji dengan metode “Uji Toleransi Glukosa”. Hewan coba yang digunakan adalah tikus putih jantan galur wistar sebanyak 25 ekor yang di bagi dalam 5 kelompok. Kelompok perlakuan di beri ekstrak dengan dosis 1 g/kg BB; 1,5 g/kg BB dan 2 g/Kg BB. Kelompok pembanding di beri suspensi nateglinide 10,8 mg/kg BB. Kelompok kontrol negatif di beri suspensi PGA 3%. Pengukuran dilakukan pada menit ke-30, 60, 90, 120, 180 setelah pemberian glukosa 50%. Volume pemberian larutan glukosa 50% sebanyak 0,2 ml/100g BB. Analisis data dengan menggunakan Anava Satu Arah dan HSD 5% dan 1% menunjukkan bahwa ketiga konsentrasi ekstrak etanol daun jambu biji mempunyai efek menurunkan kadar glukosa darah post prandial. Ekstrak etanol daun jambu biji dengan dosis 2 g/kg BB memberikan efek penurunan kadar glukosa darah post prandial yang lebih baik dibandingkan dengan kedua dosis ekstrak lainnya. Hasil perhitungan regresi linear menunjukkan r hitung lebih besar dibandingkan r tabel, menunjukkan bahwa ada korelasi linear antara kenaikan dosis ekstrak etanol daun jambu biji dengan kenaikan efek penurunan kadar glukosa darah post prandial.

Kata-kata kunci : daun jambu biji, ekstrak etanol daun jambu biji, Psidium guajava Linn., uji toleransi glukosa, post prandial

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar